Kebab Frozen Original Tammafood

Manfaat Tortilla Kebab
Tortilla adalah salah satu makanan pokok yang berasal dari Meksiko. Burrito, Taco, Nachos, dan Enchiladas merupakan beberapa masakan yang bisa dibuat dari tortilla. Bagaimana dengan di Indonesia? Di Indonesia, tortilla biasanya digunakan sebagai masakan kebab saja. Masakan lain dari tortilla belum cukup dikenal di sini.

Apa itu Kebab?

Kata kebab berasal dari bahasa Arah atau Persia yang memiliki makna sebagai daging yang digoreng, bisa juga diartikan sebagai daging yang dipanggang. Asal kata kebab dari bahasa Arab tersebut berasal dari Aramic kabbaba di area Akkadin kababu, artinya “membakar atau menggosongkan”. Kata kebab menurut Kamus Lisan al’Arab mempunyai sinonim kata dengan kata tabahajah yaitu kata dalam bahasa Persia untuk makanan sepotong daging yang telah digoreng. Kata di bahasa Persia tersebut biasa dikenal di abad pertengahan, lalu akhirnya kebab tersebut digunakan dalam buku berbahasa Arab.

Bahan yang biasa digunakan untuk membuat kebab antara lain daging. Seringkali daging yang digunakan yaitu daging sapi, daging ayam, daging kambing, terkadang juga ada yang menggunakan daging domba. Selain itu kebab juga bisa diisi dengan sayuran, jamur, telur, ataupun keju. Lalu apa saja kalori dan nutrisi yang terkandung dalam kebab berdasarkan isinya?

Kalori dan Nutrisi Tortilla Kebab

1. Daging Kebab

Daging kebab bisa terbuat dari berbagai macam jenis daging seperti daging ayam, daging sapi, daging domba, daging kambing, dan sebagainya. Daging kebab dari ayam memiliki kandungan sekitar 70 kalori dan 14 gram protein per 100 gram porsinya. Tipe Doner kebab dengan daging domba mempunyai 200 kalori dan 33 gram protein per 100 gram porsinya. Dibandingkan dengan daging ayam, tentu jumlah ini lebih tinggi. Sedangkan daging sapi mengandung 132 kalori di setiap 100 gram takaran sajinya.

2. Selada

Satu porsi kebab bisa terdiri dari berbagai macam jenis sayuran, selada adalah salah satu sayuran yang sering digunakan untuk kebab. Dalam takaran secangkir selada terdapat sekitar 8 kalori, 1 gram serat, 0,6 gram protein, dan 1,5 gram karbohidrat. Selada kaya akan berbagai mineral dan vitamin antara lain kalsium, magnesium, folat, kalium, fosfor, vitamin C, dan vitamin K.

3. Tomat

Biasanya selain selada, kebab juga mengikutsertakan tomat di dalam isiannya. Nah tomat ini mempunyai nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh. Setidaknya sekitar 200 gram tomat terkandung 31 kalori, 2 gram serat, 1,56 gram protein, dan 5 gram karbohidrat. Selain itu, ada juga mineral yang terkandung dalam tomat antara lain fosfor, kalium, kalsium, antioksidan, vitamin A, dan vitamin C.

4. Bawang Bombay

Selain selada dan tomat, irisan bawang Bombay menjadi pelengkap makanan kebab. Setidaknya terdapat sekitar 40 kalori, 9 gram karbohidrat, 1 gram protein, 1 gram serat, dan 89 persen air di dalam 100 gram bawang Bombay. Tidak hanya itu, bawang Bombay juga memiliki kandungan seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, dan folat. Bawang Bombay juga memiliki berbagai macam khasiat seperti menjaga Kesehatan tulang, mengontrol kadar gula dalam darah, hingga menurunkan resiko kanker prostat, usus, dan payudara.

5. Mayonais, Saus Sambal, dan Saus tomat

Bahan-bahan ini biasanya disajikan sebagai pelengkap kebab. Satu sendok makan mayonais mengandung sekitar 10 gram lemak dan 94 kalori. Sedangkan 100 gram saus sambal dan tomat mengandung sekitar 36 karbohidrat dan 148 kalori. (NP)

Written by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *