You are currently viewing Modal Usaha Kebab Berapa Banyak Sih?

Modal Usaha Kebab Berapa Banyak Sih?

Kebab adalah salah satu jajanan yang sangat digandrungi oleh berbagai kalangan saat ini. Makanan khas timur tengah ini memiliki rasa yang khas dengan isian yang beraneka ragam, mulai dari ayam, daging sapi, sosis, dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri Kebab sangat mudah ditemukan karena sudah sangat banyak penjual-penjual yang menjajakan menu ini, baik itu pedagang kebab yang menggunakan rombong sederhana, kebab kontainer, maupun cafe-cafe tempat nongkrong anak muda. Sebelum membuka usaha kebab ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, contohnya mengenai di mana kita akan membuka usaha kebab, di mana harus mencari perlengkapan dan bahan bakunya, serta berapa modal usaha kebab yang dibutuhkan.

Pada artikel kali ini, mimin mau membagikan informasi seputar perlengkapan dan persiapan apa saja yang diperlukan, serta estimasi modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha kebab. Langsung aja kita simak artikel di bawah ini.

Perlengkapan & Modal Usaha Kebab

Dalam usaha kebab ada beberapa komponen yang diperlukan, diantaranya adalah bahan baku kebab : tortilla, daging kebab, saos mayo, lettuce, dan perlengkapan usaha kebab : wajan kebab, burner, kemasan, pisau kebab, dan counter kebab.

Kulit Kebab atau Tortilla

Kulit Kebab adalah salah satu bahan dasar yang diperlukan untuk dalam usaha kebab, biasanya berbentuk bulat dan memiliki tekstur yang lentur. Ukuran kulit kebab sangat bervariasi antara 17 – 30 cm.  Rata – rata pedagang kebab menggunakan kulit kebab ukuran 20 – 25 cm untuk varian kebab yang mereka jual, namun ada juga beberapa  pedagang kebab yang menggunakan kulit kebab berukuran 17 cm untuk varian mini dan 30 cm untuk varian jumbo. Saat ini mencari kulit kebab sangat mudah sekali, untuk membelinya kamu bisa mengunjungi toko – toko bahan baku kebab terdekat di kotamu, atau kamu juga bisa membelinya via online

Kisaran harga : Rp19.500 – Rp26.000 per pack

Daging Kebab Olahan

Kebab saat ini sangat lumrah dibuat menggunakan isian daging sapi olahan. Selain menggunakan daging sapi olahan ada juga pedangang kebab yang menggunakan isian daging ayam atau daging kambing untuk kebab yang mereka jual. Terdapat beberapa macam daging kebab dengan berbagai merk dan ukuran yang beredar di pasaran, salah satu daging kebab olahan yang mimin rekomendasikan untuk isian kebab adalah daging kebab merk Kebabaik. Daging Kebabaik memiliki rasa dan aroma khas rempah yang kuat saat dimasak sehaningga dapat menambah cita rasa kebab, selain itu daging Kebabaik memiliki harga yang relatif terjangkau dan tersedia dalam ukuran ekonomis 1 kg & 2 kg.

Kisaran harga : Rp55.000 – Rp115.000 per pack

Lettuce/Selada Air, dan Tomat (Opsional)

Lettuce atau selada air bisa dikategorikan sebagai bahan pelengkap kebab. Jika kita ingin membuat Kebab Frozen maka penggunaan lettuce, selada air, maupun tomat sebagai bahan tambahan sangat tidak disarankan, hal ini dikarenakan sayur mayur memiliki sifat yang mudah busuk, sehingga dapat membuat kualitas kebab frozen berkurang.

Kisaran harga : Lettuce Rp20.000 per kg; Tomat Rp10.000 per kg

Saos dan Mayonaise

Selain dari dagingnya, saos dan mayonaise merupakan bumbu wajib yang dapat mempengaruhi cita rasa dari kebab itu sendiri. Oleh karena itu kita tidak boleh asal – asalan dalam memilih saos dan mayonaise untuk kebab yang akan dibuat. Sebagai rekomendasi, saos dan mayonaise dari Mc Lewis sangat cocok digunakan sebagai bumbu kebab.

Kisaran harga : Saos 1 kg Rp15.000; Mayonaise 1kg Rp27.500

Kemasan Kebab

Ada beberapa macam kemasan kebab : kemasan kebab kertas biasa dan kemasan kebab berbahan dus yang memiliki tarikan kebab di dalamnya. Selain berfungsi sebagai wadah kebab, kemasan kebab juga memiliki manfaat lain, yakni sebagai brand identity. Sebagian besar pedagang kebab menggunakan kemasan kebab berbahan dus yang memuat brand kebab mereka di dalamnya. Kemasan kebab sendiri biasanya dijual dalam bentuk bundel di mana per pack-nya berisi 100 lembar.

Kisaran harga : Kemasan Kertas Biasa Rp40.000 per pack; Kemasan Dus Rp55.000 – Rp65.000 per pack.

Wajan Kebab

Wajan yang biasa digunakan untuk usaha kebab adalah wajan dengan bahan stainless steel dengan ketebalan 4 mm. Wajan kebab sendiri ada beberapa jenis, sebagai contoh ada wajan datar biasa dan wajan datar dengan tambahan list (lengkungan wajan). Beberapa ukuran wajan kebab yang beredar adalah 30 x 40 cm, 40 x 40 cm, dan 50 x 40 cm. Untuk pedagang kebab pemula mimin saranin kalian menggunakan wajan kebab biasa ukuran 30 x 40 cm.

Kisaran harga : Rp325.000 – Rp535.000

Burner Daging Kebab (Opsional)

Burner biasanya digunakan untuk memanggang daging kebab yang menggunakan tiang. Burner kebab sendiri memiliki beberapa jenis dan ukuran : Burner ukuran 2 kg dan burner ukuran 4 kg versi manual dan otomatis. Dalam penggunaannya tiang burner manual harus diputar sendiri agar daging kebab yang dipanggang tidak gosong, sedangkan burner otomatis dioperasikan menggunakan listrik agar tiang burner dapat berputar secara otomatis. Selain digunakan untuk memanggang daging, burner juga bisa menjadi daya tarik/magnet tersendiri agar konsumen lebih tertarik untuk mengunjungi outlet kita.

Kisaran harga : Rp1.700.000 – Rp1.950.000

Gerobak Kebab

Selain daya tarik dari burner, gerobak kebab yang digunakan untuk usaha kebab-pun juga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Para konsumen biasanya akan lebih tertarik untuk mengunjungi outlet kebab yang cerah dan terang, serta memiliki keunikan dari segi tempat, sebagai contoh konsumen akan lebih tertarik dengan konsep outlet kontainer kebab yang unik. Harga gerobak kebab bervariasi tergantung jenis dan ukurannya. Gerobak kebab standar yang bagus memiliki harga sekitar Rp1.000.000 – Rp3.000.000. Namun jika kamu ingin mengunakan container untuk usaha kebabmu, maka modal yang dibutuhkan adalah sekitar Rp6.000.000 – Rp10.000.000

outlet-container-kebab-sohib
Gambar 9.1 Outlet Container Kebab

Kisaran harga = Rp1.000.000 – Rp10.000.000

Estimasi Modal Usaha Kebab

Dari beberapa perlengkapan yang sudah mimin jabarkan di atas, jika ditotalkan menggunakan harga tertinggi dari kisaran harga yang tersaji di atas maka rincian modal yang diperlukan untuk membuka usaha kebab adalah sebagai berikut.

Modal di atas belum termasuk biaya sewa tempat dan biaya – biaya lainnya yang mungkin akan timbul saat proses usaha kebab sudah berlangsung. Sebagai informasi tambahan kebutuhan perlengkapan usaha kebab yang sudah mimin infokan di atas ada yang bersifat sekali beli seperti burner, gerobak kebab, wajan kebab, dan ada juga yang kebutuhan pembeliannya bersifat kontinyu seperti tortilla/kulit kebab, daging kebab, saos-mayonaise, lettuce dan sayur mayur, kemasan kebab, dan bahan baku kebab lainnya.

Di mana Tempat Mencari Bahan Baku & Perlengkapan Usaha Kebab?

Bahan baku dan perlengkapan usaha kebab di atas dapat kamu temukan di Tamma Food . Kami menyediakan bahan baku dan perlengkapan usaha kebab yang lengkap dengan harga terjangkau dan berkualitas, mulai dari Tortilla, daging kebab, kemasan, saos mayo, wajan, burner, dan produk – produk lainnya. Untuk info lebih detail mengenai produk dan pemesanan, kamu bisa langsung hubungi CS kami melalui Whatsapp.

Jika artikel ini bermanfaat silakan share ke teman – teman kalian agar lebih banyak orang yang mengetahui informasi terbaru seputar dunia kebab. Nantikan informasi dan artikel menarik lainnya yang akan mimin update secara berkala di website Tamma Food!

Leave a Reply